analisis swot
Analisa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman atau yang biasa kita sebut sebagai SWOT adalah salah satu cara paling umum dalam penyusunan strategi suatu perusahaan, penjualan produk, maupun ide bisnis yang baru.
Sebelum masuk ke dalam materi cara pembuatan serta contoh analisa SWOT, ada baiknya kita mengerti fungsi dari analisa SWOT itu sendiri.
Mengapa Analisis SWOT Dibutuhkan
Dalam konteks organisasi, bisnis, usaha, ataupun kepribadian diri, kita memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Otomatis kita membutuhkan strategi yang baik dalam mewujudkan tercapainya semua tujuan tersebut.
![analisa swot bisnis plan](https://i1.wp.com/karinov.co.id/wp-content/uploads/2018/03/analisa-swot-bisnis-plan.jpg?resize=596%2C350&ssl=1)
Contoh analisa swot dalam bisnis plan
Jika kita berbicara bisnis misalnya, maka diantara tujuannya ialah mengakuisisi market lewat produk dan jasa yang kita tawarkan. Dalam konteks personal, maka SWOT dapat kita gunakan untuk pengembangan diri ataupun karir dalam jangka panjang.
Pengertian dan Cara Membuat Analisis SWOT
Secara umum, analisa SWOT dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan faktor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).
Berikut penjelasan dan panduan dasar dalam pembuatan keempat komponen tersebut:
Strength (Kelebihan)
Strength merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
- Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
- Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
- Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
- Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?
Baca juga: Contoh Company Profile dan Pitch Deck ala Startup
Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
- Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
- Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
- Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
- Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?
Opportunities (Peluang)
opportunities merupakan situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
- Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
- Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?
Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa menghambat laju perkembangan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
- Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
- Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
- Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
- Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?
Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Ekspor
Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam proposal rencana bisnis ekspor dari perusahaan Indochemical Agrotech terkait ekspor produk pupuk ke negara Malaysia.
Faktor Internal Perusahaan
Strength
Weakness
- Perusahaan memiliki sosial value yang kuat
- Visi perusahaan didukung oleh latar belakang keilmuan
- Sistem produksi bebas dari penggunaan bahan kimia
- Kapasitas produksi cukup untuk memenuhi kebutuhan ekspor
- Memiliki potensi pengembangan produk hasil pertanian lainnya
Faktor Eksternal (di luar perusahaan)
Opportunity
Threat
- Sumber bahan baku dan SDM melimpah
- Kebutuhan pupuk organik semakin meningkat
- Regulasi pupuk organik untuk masuk ke negara Malaysia tidak begitu rumit
Contoh di atas mengikuti format analisa swot dengan membagi indikator ke dalam dua kategori terlebih dahulu yaitu faktor internal perusahaan dan faktor eksternal. Contoh lain dari penulisan analisa SWOT dapat dilihat pada 2 contoh lainnya di bawah ini.
Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Kreatif
Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam sebuah bisnis plan BamBoo Speaker. Produk kreatif aksesoris gadget ramah lingkungan, pengeras suara smartphone berbahan dasar bambu.
Belum ada Komentar untuk "analisis swot "
Posting Komentar